Jelajah
IMG-LOGO

Koordinasi dan Sosialisasi Kartu Tani

Create By 20 December 2016 17 Views

Jumoyo// Program Kartu Tani merupakan program dari Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo dengan tujuan agar pupuk bersubsidi yang diterima masyarakat lebih tepat sasaran sehingga konsep subsidi/ bantuan yang terjadi bukan lagi produknya tetapi siapa yang berhak untuk mendapatkannya.

Demikian ungkap Yoseph Kurnianto, pimpinan BRI Cabang Muntilan dalam sambutannya pada acara Koordinasi dan Sosialisasi Kartu Tani yang diadakan di Aula Kecamatan Salam hari Senin, 19 Desember 2016. Acara yang dihadiri oleh Camat Salam, PPL, BRI, Kepala Desa, dan perwakilan dari 12 Desa se-Kecamatan Salam berlangsung cukup hangat dan meriah. Pada acara itu dijelaskan alur pembuatan Kartu Tani sampai akhirnya dapat dipergunakan oleh petani, latar belakang, tujuan, fungsi dan manfaatnya.  

Fungsi Kartu Tani sendiri selain sebagai bukti keanggotaan kelompok tani, juga digunakan sebagai break down anggaran bantuan pemerintah kepada petani. Sedangkan manfaat Kartu Tani diantaranya untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai alokasi yang telah ditentukan, menumbuhkan kebiasaan menabung, biaya simpanan lebih ringan, dan kemudahan mendapatkan subsidi karena data petani sudah terdaftar di sistem.

Sampai saat ini, jumlah Kartu Tani yang sudah dapat dibagikan ke petani di Kabupaten Magelang baru 7Úri jumlah petani yang mengusulkan, dan akan diusahakan dicetak terus secara bertahap. Data-data petani di Kartu Tani, jika ada perubahan akan diperbarui setahun sekali untuk penyusunan usulan kebutuhan pupuk (RDKK) tahun berikutnya. Demikian pula petani yang saat ini belum mendaftarkan dapat mengusulkan untuk mendapatkan Kartu Tani tahun depan. (Maryam)

IMG
IMG
IMG